M. MAGHFUR QUMAIDI

Lahir di kabupaten kediri, pendidikan mulai dari SD sampai Madrasah Aliah di tempuh di kota kelahiran, tepatnya SDN keling 1, MTsN Model Pare (sekarang MTsN 1 K...

Selengkapnya
Metode MAS cara mudah menulis artikel
https://www.google.co.id/search?q=masalah+solusi&safe=

Metode MAS cara mudah menulis artikel

Berbagai cara dilakukan oleh para penulis dalam menyampaikan Ide-ide atau gagasannya, diantaranya dalam bentuk artikel, yakni bentuk tulisan faktual yang secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan melalui majalah, koran, bloog dan lain sebagainya. Tulisan artikel merupakan cenderung menjadi bacaan yang ringan, karena pembaca akan mendapatkan informasi yang lengkap dalam sekali baca, mulai dari permasalahan yang aktual yang terjadi, analisis yang disampaikan oleh penulis, serta solusi-solusi yang di berikan oleh penulis.

Artikel sebagai pilihan bagi para penulis bukan tanpa alasan, karena dalam menulis artikel, selain dari sudut pandang bahasa yang ringan dan mudah dipahami, terutama untuk artikel-artikel populer, sebenarnya ada tiga kunci yang harus diperhatikan dan dapat dijadikan pedoman dalam menulis, yang biasa disebut dengan MAS yakni singkatan dari (Masalah Analisis dan Solusi). Dengan memakai metode ini penulis akan mudah untuk membuat alur dan kerangka tulisan, sebab dengan bingkai itu penulis akan lebih fokus pada hal-hal yang akan disampaikan dalam bentuk tulisan.

Dalam Metode MAS, yang perlu diperhatikan penulis adalah menentukan pokok – pokok masalah apa yang akan dibahas. dalam bagian pertama penulis berusaha menyajikan hal-hal faktual yang menjadi sorotan publik. Baik itu tentang pendidikan, sosial, pilitik, Ekonomi, budaya, dan lain-lain. informasi masalah publik dapat diperoleh dari lapangan secara langsung ditempat kejadian atau media massa, baik cetak atau media elektronik. Hal-hal apa yang menurut penulis menggelitik untuk ditulis.

Bagian kedua, penulis berusaha menganalisis dengan sudut pandang yang diinginkan, apakah sudut pandang sejarah, sosiologi, atau sudut pandang pridiksi untuk menghadapi masa denpan. Untuk menganalisis penulis harus mempunyai bahan bacaan sebagai landasan berfikir. Untuk itu penulis artikel harus mempunyai wawasan yang lengkap tentang suatu bidang yang ditulis, baik itu dari buku yang dibaca, atau tulisan-tulisan orang lain yang dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Kekuatan keilmuan sangat mempengaruhi ketajaman dalam menganalisis, sehingga bila penulis kurang memahami landasan yang digunakan dalam berfikir, maka tulisan juga terasa hambar. Selain itu juga akan berdampak pada solusi yang ditawarkan juga kurang dapat diterima oleh orang lain.

Selain analisis, bagian ketiga adalah solusi, yakni pemaparan solusi yang didasarkan pada analisis juga harus disampaikan oleh penulis, karena pembaca artikel menginginkan solusi-solusi dari permasalahan yang diangkat oleh penulis. Sehingga penulis tidak hanya memaparkan saja, tetapi juga mempunyai jawaban atas masalah-masalah yang terjadi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat menginspirasi pak.. Salam literasi

08 Nov
Balas

Salam literasi ...

11 Nov

Wah sangat informartif, terimakasih pak. Sehat dan sukses selalu, semoga Allah Swt meridhoi segala aktivitas yang bapak lakukan. Barakallah.

08 Nov
Balas

Amin....

11 Nov

Trimaksh MAS. Sangat manfaat MAS

10 Nov
Balas

Semoga ...

11 Nov

Keren abis

08 Nov
Balas

Kerennya habis..

11 Nov

Alhamdulillah, selalu mendapat ilmu dari tulisan pak guru. Jazakallah khoir,pak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak guru.

08 Nov
Balas

Amin..

11 Nov

Keren pak MAS nya, sukses selalu dan barakallah

08 Nov
Balas

Amin...

11 Nov

Mantab tadz tulisannya. Sangat menginspirasi. Barakallah.. Salam Literasi Abadi di Hati

08 Nov
Balas

Barokalloh

11 Nov

Terimakasih Pak,sangat menginspirasi

10 Nov
Balas

Semoga manfaat

11 Nov

Terima kasih

08 Nov
Balas

Trims kembali pak

11 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali