M. MAGHFUR QUMAIDI

Lahir di kabupaten kediri pada tangga 20 Agustus 1975, pendidikan mulai dari SD sampai Madrasah Aliah di tempuh di kota kelahiran, tepatnya SDN keling 1, MTsN M...

Selengkapnya
Penulis Harus Tetap Menjaga Mutu Tulisan
https://www.google.co.id/search?biw=1352&bih=651&tbm=isch&sa=1

Penulis Harus Tetap Menjaga Mutu Tulisan

Ada beberapa hal yang menarik dari perbincangan dengan Mas Andi Muhammad Yasin Mediaguru, seusai mengisi materi di MTsN 7 kediri sekitar dua minggu yang lalu, Menurut beliau bahwa seorang penulis harus tetap menjaga mutu tulisanya, karena menulis itu pada dasarnya untuk menyebarkan informasi yang diharapkan dapat membawa manfaat bagi para pembaca, meskipun penulis itu bebas menyampaikan idenya dalam bentuk tulisan, tetapi bukan berarti asal menulis. Mungkin sekali waktu membuat tulisan santai untuk menghilangkan kebekuan ditengah keseriusan, akan tetapi jika berlebihan akan mengakibatkan kejengahan pembaca, menjadi tidak menarik untuk dibaca. kecuali penulis memang mempunyai karakter berbahasa santai dan penuh dengan humor, sehingga tulisannya model seperti apapun tetap bermutu.

Mungkin untuk pertama kali belajar menjadi penulis, apapun bisa ditulis atau asal menulis, karena target pertama adalah belajar bagaimana mengeluarkan pikiran dalam bentuk tulisan, serta bagaimana menata kata-kata dalam bentuk kalimat, akan tetapi seiring dengan waktu yang terus berjalan serta bertambahnya pengalaman, seyogyanya semakin memperbaiki isi tulisan, Sehingga tulisan yang dihasilkan tidak sekedar berisi kata-kata atau susunan kalimat yang enak dibaca, tetapi harus memberikan konten yang dibutuhkan oleh orang lain, sehingga dapat memberi manfaat bagi pembaca.

Membuat judul tulisan juga jangan sampai mengecewakan pembaca, apalagi membuat judul yang terlihat heboh atau bombastis, yang hanya mengandung penasaran tapi tanpa diikuti oleh konten tulisan yang berbobot. Selain itu jangan lupa dalam setiap tulisan mempunyai misi tertentu yang akan kita tuju, tulisan harus mempunyai kejelasan arti, apa sebenarnya yang ingin ditulis, sehingga kalimat-kalimat yang tersusun tidak melebar kemana-mana, akhirnya para pembaca dibuat tidak mengerti maksud dari tulisan yang dipaparkan, serta mau dibawa kemana tulisan itu.

Ukuran tulisan itu bermutu atau tidak, memang sulit diketahui karena setiap pembaca mempunyai mempunyai fanatisme dan selera terhadap isi tulisan, atau mungkin juga fanatisme terhadap tokoh tertentu, sehingga bila yang membuat tulisan tokoh tertentu maka tulisan itu dianggap sebagai tulissaan yang bermutu, akan tetapi setidaknya dapat dilihat dari beberapa ciri, tulisan itu bermutu atau tidak. Pertama, tulisan yang ditampilkan benar-benar tulisan asli yang berasal dari penulis sendiri, bukan berasal dari salinan dari tulisan orang lain atau copy paste dari tulisan-tulisan yang sudah beredar.

Kedua, tulisan harus mudah dipahami, yaitu dengan gaya bahasa yang sederhana sehingga setiap pembaca akan dengan mudah menangkap pesan-pesan yang telah disampaikan penulis. Para pembaca tidak dibuat berfikir keras untuk mengartikan tiap kalimat yang tersusun dari tiap kata yang ditulis. Gaya bahasa yang sederhana tidak sok ilmiah atau intelek, sehingga untuk membacanya harus mencari tulisan lain untuk mengartikan bahasa yang ditulis oleh seorang penulis. Tulisan yang dipaparkan bergaya bahasa yang ringan, maka para pembaca tidak dibuat berfikir berulang-ulang untuk memahami maksud dari kalimat-kalimat yang disampaikan oleh penulis.

Empat, tulisan mempunyai alur yang jelas, apa yang ingin disampaikan oleh penulis, misi dan konsep apa sebenarnya yang ingin dibangun, serta apa tujuan dari sebuah tulisan, sekedar memberi informasi, atau bersifat menghimbau atau mengajak. Untuk itulah sebelum membuat tulisan penulis harus memahami dan mengerti apa yang akan ditulis, karena dengan paham dan mengerti itulah maka paparan dari penulis menjadi jelas dan runtut, pembaca pun akan dengan mudah mengikiti bacaan yang disuguhkan oleh penulis.

Selain syarat-syarat tersebut, yang tak kalah penting bahwa tulisan itu harus dapat merubah pikiran orang lain, sehingga setelah membaca tulisan yang dipaparkan oleh penulismaka akan terjadi perubahan cara berfikir. Dari awalnya yang tidak tau menjadi tau, dari yang awalnya tidak paham menjadi paham, akhirnya terjadi perubahan pemikiran, sikap, dan perbuatan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Siap bu.. isminatun

14 Feb
Balas

Sepakat pak. Teskan menulis dan semangat

14 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali